Cara membuat jamu kunyit asam, beras kencur, temulawak

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia yang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Salah satu jenis jamu yang populer adalah jamu kunyit asam, beras kencur, dan temulawak. Ketiga bahan ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga meredakan gangguan pencernaan.

Untuk membuat jamu kunyit asam, beras kencur, dan temulawak, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

– 2 ruas kunyit
– 1 buah asam jawa
– 2 sendok makan beras
– 2 ruas temulawak
– 1 ruas jahe
– 1 ruas lengkuas
– 1 ruas kunyit putih
– 1 ruas kunyit kering
– 1 ruas kencur
– 1 ruas sambiloto
– 2 gelas air putih
– Gula merah secukupnya

Langkah pertama adalah membersihkan semua bahan dengan air bersih. Setelah itu, kupas kunyit, temulawak, jahe, lengkuas, dan kencur, kemudian potong-potong agar mudah dihaluskan. Kemudian, tumbuk semua bahan hingga halus menggunakan blender atau ulekan.

Selanjutnya, rebus beras hingga lunak dan haluskan dengan air rebusan beras. Campurkan hasil tumbukan bahan jamu dengan air rebusan beras dan tambahkan air putih secukupnya. Aduk hingga merata dan masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan gula merah secukupnya untuk memberikan rasa manis pada jamu. Aduk kembali hingga gula merah larut dan matikan api. Saring jamu kunyit asam, beras kencur, dan temulawak untuk memisahkan ampasnya.

Jamu siap disajikan dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera. Minumlah jamu ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Selamat mencoba!